TOHPATI

"Salah satu gitaris jazz paling populer di Indonesia"



Click for larger version Nama Lengkap: Tohpati Ario Hutomo
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta / 21 Juli 1971
Gitar : Fender, Sadowsky, Takamine
Pickup : Seymour Duncan, Dimarzio X2N
Efek : Rocktron
Ampli : Mesa Boogie
Pengalaman Band : Simak Dialog
Pengaruh Musikal: Pat Metheny
Gaya Permainan : Jazz, Pop Jazz


Tohpati mungkin merupakan gitaris jazz yang paling dikenal masyarakat luas. Hal tersebut dikarenakan seringnya ia tampil di TV bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glen Fredly, Rossa, Chrisye, dan lain-lain.

Sejak masih remaja ia sudah sering tampil di panggung-panggung Jakarta. Bahkan ia pernah menyabet gelar Gitaris Terbaik pada Festival Band se-DKI pada saat usianya baru 14 tahun. Kemudian tahun 1989 juga terpilih menjadi Gitaris Terbaik festival Band se-Jawa. Di tahun itu juga ia menyabet gelar Gitaris Terbaik pada Yamaha Band Explosion tingkat Nasional.

Tahun 1993, ia kemudian tergabung dalam grup Simak Dialog yang beranggotakan Riza Arshad, Arie Ayunir, dan Indro. Nama yang disebutkan terakhir ini kemudian menjadi orang yang paling sering bermain bersama Tohpati dimana-mana. Bersama Simak Dialog, Tohpati telah merelease 3 album : Lukisan, Baur, dan Trance / Mission.

Tahun 1998, Tohpati merelease album solo perdananya. Dalam album ini ia menampilkan beberapa penyanyi seperti Shakila dan Glenn Fredly yang beberapa waktu sebelumnya baru mulai meroket namanya bersama grup Funk Section. Untuk mempopulerkan albumnya, Tohpati merelease video clip Lukisan Pagi yang dibawakan bersama Shakila. Lagu tersebut sangat populer dan menjadi jawara di beberapa tangga lagu di tanah air.

Album keduanya, Serampang Samba lebih banyak menyajikan hits-hits instrumental. Berbeda dengan album sebelumnya, kali ini Tohpati hanya merelease video clip Jejak Langkah Yang Kau Tinggal yang dibawakan bersama Glenn Fredly. Bisa dibilang album ini lebih idealis dari album sebelumnya.

Saat wabah ajang cari bakat di Indonesia dimulai oleh kontes PopStars yang melahirkan grup Sparx. Lagu ciptaan Tohpati yang berjudul Katakan Cinta menjadi single pertama yang ditampilkan oleh grup tersebut. Nama Tohpati juga menjadi makin populer dikalangan masyarakat saat ia digosipkan berselingkuh dengan diva andalan Indonesia, Krisdayanti.


Editor: Diaz (neoclassicer@yahoo.com)